Home / PENDIDIKAN / RONALD NGANTUNG, LAKUKAN INVESTIGASI PENUH RESIKO, JURNALIS TAK PERLU TAKUT

RONALD NGANTUNG, LAKUKAN INVESTIGASI PENUH RESIKO, JURNALIS TAK PERLU TAKUT

NEWSULSEL.com, MAKASSAR – Ronald Ngantung tampil sebagai pemateri Pusdiklat yang berkaitan dengan tentang tatacara Investigasi di Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) JOIN Sulsel yang digelar di PAUD-DIKMAS kamis 10 Januari 2019.

Ronald Ngantung dalam materinya ia.. menjelaskan beberapa hal hal tentang bagaimana peran utama investigasi jurnalis dalam pengembangan sebuah berita atau pun media.

“Suatu informasi yang Viral di Medsos tidak boleh menjadi bahan berita, sebelum dilakukan investigasi reporting terlebih dahulu secara mendalam, agar dapat menghasilkan berita faktual yang mengandung kebenaran dengan sumber-sumber yang kapabel”, paparnya.

Invetigasi reporting itu tidak hanya dilakukan pada permasalahan yang belum terungkap, tapi kasus yang sudah diketahui umum yang dinilai menarik perlu juga dilakukan penyelidikan agar lebih menarik.

Menjadi jurnalis investigasi setidaknya memiliki syarat keberanian disamping kecerdasan mencari sumber-sumber berita.

“Melakukan investigasi jelas memiliki tantangan tersendiri, sebab penuh resiko teror. tetapi tak perlu takut dengan semua itu asal bekerja sesuai kaidah jurnalistik”, jelasnya kepada peserta Diklat JOIN….(Wr/Ns.c).

 

Lp. Idul
Editor. Andi PW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *