KPU MAROS RAPAT KOORDINASI PENYUSUNAN DPK DAN DPTb

NEWSULSEL.com, MAROS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Maros, menggelar Rapat Koordinasi Penyusunan Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), di Aula KPU Maros. Kamis 17 Januari 2019.

Rapat yang dipimpin Anggota Komisiner KPU Maros Divisi Data dan Program, Dra Maelany, dihadiri oleh anggota PPK Divisi Data se-Kabupaten Maros, Kasubag dan Staf Divisi Data KPU Kab Maros, pukul 14:00 Wita.

Dalam arahan Maelany menyampaikan, rapat koordinasi ini dilaksanakan untuk menyikapi perintah KPU Provinsi Sulsel dalam rangka perbaikan Data Pemilih yang masih ada temuan ganda.

” Daftar Pemilih Khusus (DPK) adalah wajib pilih yang belum terdaftar dalam DPTHP-2 namun telah memiliki KTP elektronik, sehingga pada saat akan menggunakan hak suaranya maka bersangkutan cukup menunjukkan KTP elektroniknya”, jelasnya.

Sedangkan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) adalah daftar pemilih yang telahbterdaftar dalam DPT di suatu TPS yang karena keadaan tertentu bersangkutan tidak dapat menggunakan haknya untuk memilih di TPS tempatnya terdaftar dan memberikan suara di TPS lain dengan syarat harus menggunakan formulir A5.

“Saya mengharapkan kepada anggota PPK khususnya Divisi Data agar benar-benar melakukan pencermatan daftar pemilih tetap, khusus dan tambahan, karena masalah pemilih sangat rentan jadi sengketa di kemudian hari,” tegas Maelany…(Wr/Ns.c).

 

Lp. Hamzah
Editor. Andi PW