Home / PEMERINTAHAN / BURUAN MUMPUNG ADA PEMUTIHAN PAJAK LAGI, BIAYA BALIK NAMA DAN SANKSI ADMINISTRATIF DIBEBASKAN

BURUAN MUMPUNG ADA PEMUTIHAN PAJAK LAGI, BIAYA BALIK NAMA DAN SANKSI ADMINISTRATIF DIBEBASKAN

NEWSULSEL.com, JATENG – Kabar menggembirakan tuk wajib pajak yang menunggak, datang dari Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Tengah (Jateng). Pasalnya denda pajak kendaraan akan dibebaskan (diputihkan) mulai 17 Februari 2020 ini dan berakhir pada 16 Juli 2020.

Informasi yang diterima Newsulsel.com terkait pembebasan pajak kadaluwarsa, menunggak diputihkan, balik nama Administratif dibebaskan dibenarkan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jateng, Tavip Supriyanto.

“Iya betul. Rencana kami mulai 17 Februari ini, Pembebasan dimaksud bila pengendara tidak membayarkan denda pajak selama kurun waktu tertentu,” jelas Tavip saat di konfirmasi semalam

Dengan program itu, diharapkan warga tidak khawatir biaya membengkak karena denda saat membayar pajak kendaraan, disisi lain, tentu pendapatan daerah dari sektor ini dapat meningkat.

Tidak hanya penghapusan denda administrasi yang digratiskan, tetapi juga dibebaskan bea balik nama kendaraan bermotor atas penyerahan kedua dan seterusnya.

Terkait syarat dan ketentuan, Bapenda Jateng masih merumuskan petunjuknya.

“Ini kami masih selesaikan petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis),” jelasnya.

Memang pada 2019 lalu, provinsi ini tidak ada program pemutihan, namun untuk tahun 2020 program Bebas denda pajak digelar kembali. Tahun lalu, Jateng hanya mengadakan program undian berhadiah untuk masyarakat yang taat membayar pajak kendaraan.

Hingga Oktober 2019, Bapenda Jateng telah merealisasikan pendapatan pajak kendaraan bermotor sebesar Rp 3,8 triliun.

Target pendapatan pajak kendaraan bermotor Jawa Tengah pada 2019 lalu ditetapkan sebesar Rp 4,5 triliun…(Wr/Ns.c).

Lp. Putri
Editor. Andi PW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *