KAPOLDA SULSEL DUGA: PENJARAHAN JENAZAH DI RS DAN PENOLAKAN RAPID TEST LANTARAN BERITA HOAX

NEWSULSEL.com, MAKASSAR – Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe menyebut maraknya aksi penolakan warga terhadap rapid test atau tes cepat dan swab test di Kota Makassar diduga lantaran penyebaran berita hoax oleh oknum tertentu.

Jenderal Bintang Dua di Polda Sulsel ini mengatakan, saat ini warga dihantui oleh pernyataan-pernyataan orang yang tidak bertanggung jawab tentang penanganan virus corona.

sejumlah spanduk penolakan rapid test tetpasang & penolakan warga di Makassar 

Hingga kemudian memunculkan aksi blokir jalan oleh masyarakat setempat untuk menghadang petugas rabid masuk
ke lingkungan mereka saat hendak melakukan tes cepat atau swab test.

“Padahal sebenarnya rapid test itukan menolong masyarakat untuk mengetahui kondisinya sejauh mana saat ini,” ungkap Guntur di kantor Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar, Sulawesi Selatan, saat di konfirmasi Newsulsel.com, Senin 8 Juni 2020.

sejumlah warga menolak rapid test sambil teriak-teriaki petugas rapid test di Makassar

Menurutnya, penyebaran berita hoax itu juga meracuni pikiran keluarga pasien PDP yang meninggal hingga mereka rela mengambil paksa jenazah keluarganya di rumah sakit, mengabaikan protap pemakaman Covid-19 berstandar WHO.

Terkait hal tersebut kata Guntur, saat ini pihaknya melalui penyidik reserse dan tim intelijen sudah melakukan penelusuran untuk mengusut pelaku penyebaran berita hoax tersebut.

“Banyak personel kita dari reserse dan intelijen sudah menelusuri kira-kira siapa-siapa yang bermain di belakang ini. Kalau ditemukan ada kita akan proses hukum,” ujar Guntur.

Salah satu Putra terbaik asal Kota Parepare ini pun mengimbau masyarakat untuk tetap mempercayai informasi yang disampaikan pemerintah dan aparat hukum terkait penanganan Covid-19.

Ia pun mengingatkan warga untuk tidak khawatir dengan informasi yang intimidatif yang pada akhirnya membuat warga tidak mempercayai tenaga kesehatan dan pemerintah…(Wr/Ns.c).

 

Lp. Rosita
Editor. Andi PW